Just Singing

 

Image

 

Salah satu hobi saya adalah bernyanyi, dan saya sangat menyukai hobi saya yang satu ini. Mengapa demikian? Karena menurut saya, dengan bernyanyi hidup kita akan terasa lebih ekspresif, lebih indah dan pastinya menggairahkan. Apakah anda suka bernyanyi? Menurut saya anda haru suka yang namanya bernyanyi. Akan timbul perasaan bahagia, senang, gembira, dan segalanya yang mengasyikkan apabila anda sudah bisa menyamakan nada suara anda dengan nada musik, atau yang lebih terkenal lagi adalah “tau nada”.

 Di antara hiburan yang dapat menghibur jiwa dan menenangkan hati serta mengenakkan telinga, ialah nyanyian. Hal ini dibolehkan oleh Islam, selama tidak dicampuri omong kotor, cabul dan yang kiranya dapat mengarah kepada perbuatan dosa. Dan tidak salah pula kalau disertainya dengan muzik yang tidak membangkitkan nafsu. Bahkan disunatkan dalam situasi gembira, guna melahirkan perasaan riang dan menghibur hati, seperti pada hari raya, perkawinan, kedatangan orang yang sudah lama tidak datang, saat walimah, aqiqah dan di waktu lahirnya seorang bayi.

Menyanyi juga dapat di jadikan perwakilan hati,entah saat senag,sedih,ataupun saat tak menentu.menyanyi jug dapat menjadi hal pemecah keheningan. Apalagi untuk remaja masa kini….. wuahhh menyanyi itu bisa menjadi indah apabila sesuai dengan suasana hati hmmm tak kan ada yang bisa mengalahkan walaupun  suara kita pas-pasan. kalau sudah di hati biasanya sulit tuk diganggu gugat.

Menurut artikel yang saya baca bernyanyi atau mendengarkan nyanyian ternyata juga ada manfaatnya..

Ada banyak kegiatan yang memainkan peran penting untuk meningkatkan memori dan bernyanyi adalah salah satunya.
Bernyanyi dapat meningkatkan memori dengan berbagai cara. Hidup di kota besar dengan tingkat kesibukan yang tinggi membuat banyak orang tidak memiliki waktu untuk dirinya sendiri yang kemudian mengeksplorasi diri dalam kondisi yang keras, yang akhirnya mengakibatkan penurunan memori.

Orang yang tertekan biasanya mengalami peningkatan detak jantung hingga batas tertentu. Bila bernyanyi bisa mengurangi detak jantung, artinya juga bisa mengurangi tingkat stres yang merupakan penyebab utama dari gangguan memori, seperti dilansir Hubpages , Senin (7/3/2011).

Selain itu, beberapa penelitian di berbagai tempat mencapai kesimpulan yang sama bahwa bernyanyi dapat meningkatkan memori karena musik dapat mengubah suasana hati dan meningkatkan energi sehingga dapat menurunkan risiko depresi.

Oleh karena itu, bernyanyi juga dijadikan terapi untuk pengobatan orang dengan penyakit Alzheimer (hilangnya memori otak). Meski pasien Alzheimer telah kehilangan kemampuan berkomunikasi, tetapi mereka masih bisa menikmati musik yang juga membantu meningkatkan kemampuan memori.

 

Image

 

Bernyanyi untuk meningkatkan memori tak hanya membantu secara psikologis tetapi juga secara fisik, karena kebanyakan masalah kesehatan pada akhirnya dapat mengakibatkan penurunan memori. Bernyanyi juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang diwakili oleh  tingkat A immunoglobin dan kortisol, yang biasanya menandai sistem kekebalan tubuh meningkat.

Bernyanyi membantu orang untuk bersantai, perubahan mood yang lebih baik, meningkatkan tingkat kepercayaan diri, yang kesemuanya dapat membuat kemampuan memori yang lebih baik.

Tadinya saya sempat khawatir, karena saya sempat membaca sepotong hadist yang melarang tentang nyanyian di internet, seperti yang dibawah ini.

Berikut ini adalah suatu Hadits Shohiih yang diriwayatkan oleh Al Imaam Al Bukhoory dalam Shohiihnya no: 5268. Kata beliau dari Shohabat Abu Maalik Al Asy’ary , bahwa ia mendengar Rasulallah bersabda:

لَيَكُونَنَّ مِنْ أُمَّتِي أَقْوَامٌ يَسْتَحِلُّونَ الْحِرَ وَالْحَرِيرَ وَالْخَمْرَ وَالْمَعَازِفَ

Artinya:

“Akan dijadikan halal oleh ummatku emas, sutera, khamr (minuman keras) dan Al Ma’aazif.”

Ibnul Mandzur رحمه الله dalam Kitabnya Lisaanul A’roob menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan Al Ma’aazif (jamak dari kata Mi’zaf) adalah Al Malaahi, Malha, yakni sesuatu yang membuat orang lalai.

Termasuk didalamnya adalah alat-alat yang dipukul seperti misalnya: Tambur (gendering), drum, gendang. Duf (rebana), ‘Uud (gitar).

Dalam bahasa Arab, kalau orang mendengar kata ‘Aazif maka artinya adalah Alat musik dan penyanyinya.

Lalu semenjak itu saya selalu mencari informasi-informasi dari orang yang saya anggap sebagai guru. Ada yang berkata haram dan ada pula yang berkata halal. Lalu saya mencoba berfikir melalui logika, dan akhirnya telah sampai pada ujung pemikiran saya. Bahwa menurut yang saya fahami dan saya fikirkan bahwa nyanyian itu insaallah tidak haram, tergantung dari niat kita. Jika hanya untuk menghibur hati ya tidak apa-apa, tetapi jika tujuannya adalah untuk hal yang negatif-negatif, seperti bernyanyi sambil memaerkan aurat, sambil keluar kata-kata kotor yang hina, apalagi membuat manusia lalai akan sesuatu hal. Misalnya karena keasyikan bernyanyi seseorang bisa lupa dan meninggal kan kewajiban lima waktunya. Maka menurut saya itulah maksud dari nyanyian yang diharamkan.

Sampai sekarang saya masih menganggap bahwa nyanyian itu tidak haram, jadi saya juga masih menyukai hobi saya itu walaupun ada orang yang berkata haram, tetapi saya lebih mempercayai diri sendiri.

Saya ingin bernyanyi. Mendendangkan simfoni-simfoni indah yang tersusun rapi dalam bait nada.  Saya ingin bernyanyi, karena dengan bernyanyi saya bisa mengenang segala romansa indah yang pernah tercipta. Dengan menyanyi saya bisa membiarkan perasaanku melayang, hanyut bersama lagu yang saya nyanyikan. Dengan menyanyi saya bisa merasakan seolah-olah saya ada dalam syair yang saya nyanyikan.

Ketika syair yang didendangkan romantis, saya merasa seolah-olah saya sedang mengalami masa-masa indah itu. Ketika syair-syair mellow atau bahasa gaulnya adalah “galau” saya lantunkan, saya akan ikut hanyut bersama syair itu. Pun begitu Ketika sedang mendendangkan syair agama, saya tersadar akan kuasaNYA.

Aku ingin bernyanyi. Karena dengan menyanyi pulalah aku bisa melepaskan segala penat yang sedang kurasa. Terhanyut dalam nada, menyatu dalam irama.

 

cukup sekian dari saya billahi taufik walhidayah wassalamu’alaikum wr.wb.

 

 

 

 

Leave a Reply

